Diklat "Pembinaan Komunitas Baca", oleh Kantor Bahasa Kalimanmtan TImur

Dalam rangka menjalankan dan mensukseskan program "Gerakan Literasi Nasional" yang dicanangkan oleh Pemerintah, Kantor Badan Bahasa Provinsi Kalimantan Timur, melaksanakan kegiatan Pembinaan Komunitas Baca bertempat di Aula Serba Guna SMK Negeri 1 Samarinda, yang berlangsung sejak tanggal 2-4 Agustus 2017. dengan mengangkat tema "Majukan Bahasa dan Sastra Indonesia, Rekatkan Kebinekaan"

Kegiatan diikuti ebanyak 42 Peserta yang berasal dari 13 komunitas baca. 1 Pustakawan, 15 Taman Bacaan Masyarakat,, dan 12 dari lembaga Bahasa.

Seperti yang disampaikan Oleh Kepala Kantor Bahasa Kalimantan Timur, Bapak Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum, saat membuka kegiatan ini, "pembinaan kepada Komunitas Baca ini bertujuan, untuk meningkatkan semangat pegiat literasi sekaligus mempertemukan komunitas-komunitas yang ada di Kalimantan Timur, agar dapat menjalin kerjasama dan saling sharing tips dan dalam menumbuh kembangkan Minat Baca di Kalangan Masyarakat".

Harapan beliau, dengan kegiatan ini nantinya akan semakin banyak bermunculan Komunitas Literasi dan Taman Bacaan Masyarakat. serta relawan pegiat literasi, baik dilingkungan masyarakat, sekolah, dan anak-anak.  sehingga Tujuan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa bisa tercapai dan kita wujudkan bersama.

Agenda Kegiatan Diklat selama 3 hari adalah  : 
  1. Penyampaian Materi Pengembangan Badan Bahasa, Materi Gerakan Literasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan MateriPeta Jalan Kegiatan Pembinaan Bahasa dan Sastra, Target dan Capaian Program Prioritas Badan Bahasa Oleh Kepala Kantor Bahasa Kalimantan Timur, Bapak Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum
  2. Teori dan Praktek Dongeng ("Menyuguhkan sesuatu yang menarik dalam sebuah Dongeng, agar anak-anak Suka dengan Dunia Literasi") oleh Ketua Kampung Dongeng Etam, Ibu Fitri Susilowati, SE
  3. Teori dan Praktek Peningkatan Motivasi Dalam Pembelajaran Literasi, oleh Ketua Komunitas Macan Dahan dan Pemilik TBM Macan Dahan, Bapak Muhammad Sadli
  4. Teori dan Praktek Membangun Gerakan Literasi di Kalimantan Timur oleh Bapak Panji Aswan dan Muhammad Sadli
Diakhir Diklat setiap kelompok wajib menyampaikan hasil diskusi yaitu Tantangan/Hambatan, Solusi, Rekomendasi dan Usulan Kegiatan (sasaran dan tanggal pelaksanaan) dari 4 point yang telah di tentukan sebagai berikut : 
  1. Kelompok 1 dengan tema "Penyusunan Pengayaan Buku dan Bacaan Literasi
  2. Kelompok 2 dengan tema " Penguatan Fasilitator Literasi"
  3. Kelompok 3 dengan tema "Festival Literasi Nasional
  4. Kelompok 4 dengan Tema "Kesiapan KBKT menjadi Koordinator Gerakan Literasi Nasional Kaltim dan Kaltara. 

Komentar