Kegiatan Riset Kelas 3 Menanam Tomat dan Membuat Jus


Siswa kelas 3 Bunga Bangsa bersama guru mereka Ibu Novi Handayani, Ibu Lathifah dan Bapak Annie Murtafi 'Amna sedang melakukan pembelajaran 'langkah awal' dari kegiatan riset menanam tomat dan membuat jus di perpustakaan SD Islam Bunga Bangsa. pada kesempatan itu siswa mula-mula diajak oleh guru mereka untuk memahami apa itu riset serta mengapa perlu melakukan riset. Setelah penjelasan yang bugar telah dijelaskan kemudian siswa diberikan tambahan pengetahuan melalui video praktek penanaman pohon di tomat, perawatannya hingga berbuah sampai mengolah buah tomat menjadi jus yang lezat dan kaya gizi.

Berikut adalah gambar ilustrasi kegiatan yang harus dilakukan para siswa SD Islam Bunga Bangsa:


















Khasiat Buah Tomat

Kandungan Gizi Tomat  (Per 100 g Penyajian)



Dengan kandungan gizi yang cukup berlimpah tersebut, apakah manfaat tomat bagi kesehatan kita.

Manfaat tomat bagi kesehatan sudah dipercaya dapat membantu berbagai masalah serius hingga kanker. Sejumlah nutrisi di dalam tomat tersebut, sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Diantaranya berguna sebagai :
1. Obat KankerStudi tentang kanker menemukan tomat yang dikombinasikan dengan manfaat brokoli saling bersinergi dan dapat membantu mengurangi kanker. Dalam penelitian tersebut memberikan hasil bahwa tumor prostat tumbuh lebih lambat pada tikus yang diberi makan tomat dan bubuk brokoli dibandingkan pada tikus yang diberikan likopen sebagai suplemen atau hanya makan brokoli atau tomat saja.
Kandungan Likopen
Studi pada University of Montreal menunjukkan bahwa diet yang kaya akan tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas. Para peneliti menemukan bahwa kandungan likopen (kandungan utama pada tomat) dikaitkan dengan penurunan 31% risiko kanker pankreas pada laki-laki dengan asupan tertinggi dan terendah zat tersebut. Kandungan ini lebih banyak terdapat pada tomat-tomat yang sudah dimasak.
2. Meningkatkan Kemampuan MataTomat mengandung antioksidan yang sangat power full yaitu : beta karoten (yang tertanggung jawab terhadap fungsi vitamin A dalam tubuh) seperti pada manfaat wortel. Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.
3. Menurunkan Berat BadanTomat dapat membantu menurunkan berat badan sebagai menu diet, yang dibuat dengan rencana olahraga yang juga harus dilakukan. Mengkonsumsi banyak tomat ke dalam makan sehari-hari dengan membuatnya sebagai camilan seperti salad, casserole, sandwich dan makanan lainnya. Karena tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat, tanpa menambahkan resiko penambahan kalori atau lemak di dalamnya.
4. Mengurangi Rasa Sakit
Jika kemungkinan anda sering mengalami rasa nyeri, seperti arthritis atau nyeri punggung), tomat dapat meringankan rasa sakit ini. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan. hal ini termasuk juga pada peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).
5. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan potasium dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung selain itu kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam sebuah tomat sangat penting untuk jantung. Jenis asupan kalium dan dikombinasikan dengan diet rendah natrium dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit akrdiovaskular.

Comments

adsense