Refleksi Pembelajaran sebagai Catatan Harian Guru di Kelas 2 Umar bin Khattab SD Islam Bunga Bangsa Samarinda

Sebelum pembelajaran berakhir, penting bagi guru untuk melakukan refleksi. Duduk bersama siswa dan mengumpulkan berbagai kesan dan komentar dari mereka tentang apa yang sudah mereka pelajari. Dari komentar dan kesan ini dapat dilihat berbagai hal termasuk keantusiasan dan sikap mereka terhadap materi atau kegiatan di hari tersebut.


Bentuk refleksi tidak melulu berbicara atau mengkomunikasikannya secara verbal. Pada siswa kelas rendah, mengungkapkan perasaan dan pikiran dapat melalui gambar dan coretan.

Pada beberapa gambar ini mereka menyampaikan banyak pesan sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Pada satu gambar ada yang menggambarkan pembelajaran kelas dengan pengukuran papan tulis menggunakan meteran bangunan, di gambar yang lain adapula yang menggambarkan saat mengukur lingkar pohon, ada yang bercerita melalui gambar tentang bagaimana seorang desainer mengukur pakaian calon pelanggan.

Depiksi guru, saya, tidak melulu dan mutlak sama. Ada yang menggambarkan Ms Dyan dengan sepatu berhak tinggi dengan baju warna cerah, lipstik tebal dan potongan baju yang agak mini. Ada pula yang menggambarkan gurunya seperti pelatih senam dengan training pak dan sepatu olahraga. Pun ada yang menggambarkan gurunya seperti mengenakan pakaian gamis ala Arab yang penuh dengan blink blink dan warna yang menarik.

Melalui proses refleksi, guru dapat mengumpulkan informasi tentang apa yang mereka sukai dan tidak sukai, apa yang berat dan menyenangkan bagi mereka. Setiap anak mempunyai cara yang unik untuk menyampaikan apa yang menjadi kesan bagi mereka.

Where the world begins, a classroom.
#Learning for Life

Ms Dyan Widya Agustina
Walikelas 2 Umar bin Khattab
SD Islam Bunga Bangsa Samarinda

Komentar