Sekolahku Awal Imajinasiku, Program Literasi Sekolahku


Salah satu program kerja perpustakaan untuk meningkatkan minat baca dan menulis anak-anak yaitu dengan menfasilitasi setiap lulusan untuk membuat karya tulis dalam bentuk Buku kumpulan Cerita pendek, Puisi, Pantun, dan gambar hasil karya mereka sendiri dengan Judul buku "Sekolahku Awal Imajinasiku".

Membuat tulisan adalah menuangkan segala ide, perasaan atau pikiran tentang masalah yang diungkapkan dalam wujud bahasa berupa tulisan berdasarkan setiap kejadian. baik itu pengalaman pribadi atau karangan hayalan mereka. Kegiatan ini merupakan aplikasi pebelajaran membaca yang sudah menjadi bagian dari kurikulum sekolah dimana setiap siswa atau kelas disaat jadwal membaca wajib keperpustakaan untuk membaca dan meringkas bahan bacaan. 

Sudah menjadi agenda rutin sekolah, setiap lulusan menghasilkan karya tulisan dalam bentuk antologi yang diberi judul "Sekolahku Awal Imajinasiku", makau bertempat diruang Perpustakaan Bunga Bangsa seluruh siswa(i) Angkatan ke 8 yang akan lulus dikumpulkan dan diberi waktu 2 jam untuk menuangkan imajinasi mereka kedalam bentuk cerita pendek, pantun, puisi dan gambar. tujuannya untuk menjamin keaslian karya mereka bukan hasil jiplakan karya orang lain.

Ada yang berbeda dengan siswa Angkatan ke 8, kebanyakan dari mereka sudah membuat cerita dalam bentuk cerpen, baik itu cerita imajinasi ataupun pengalaman pribadi mereka pada kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga, teman bermain maupun dilingkungan sekolah. Tak seperti  tahun-tahun sebelumnya yang kebanyakan dari mereka hanya menulis pantun, puisi dan menggambar.

Proses selanjutnya setelah melalui proses input dan editing, buku mereka akan dicetak, nantinya buku-buku ini akan dibagikan kepada mereka sebagai tanda mata kelulusan, bahwa mereka pernah membuat tulisan walaupun dalam bentuk sederhana. Kami mencoba berinofasi dengan membuat buku tahunan dalam bentuk yang lebih berisi dengan tulisan tangan mereka sediri.

Komentar