Berlatih Mengukur Menggunakan Timbangan Pasar dan Timbangan Bahan Kue, Melatih Teliti dan Jujur Pada Siswa Kelas 2 Umar bin Khattab SD Islam Bunga Bangsa Samarinda.

Ms Dyan Widya Agustina
Wali Kelas 2 Umar bin Khattab

Timbangan pasar atau timbangan bebek, adalah salah satu timbangan baku yang digunakan di pasar tradisional. Pekan ini kami benar-benar praktik mengukur berat dengan menggunakan timbangan ini. Mulai dari ukuran terkecil pada batu timbangan 50 gram sampai ukuran 2kg. Untukku sendiri, menggunakan timbangan pasar ini adalah hal yang baru. Apalagi untuk anak-anak di kelasku. Seperti bisa diduga, rasa ingin tahu mereka pada bagaiman penggunaan timbangan jenis ini pun mendominasi proses belajar mengajar.

Demikian pula dengan penggunaan timbangan bahan kue yang lebih rinci dan detil. Permainan mengukur yang dilakukan per kelompok berjalan sangat seru, karena masing-masing ingin mencoba dan menggunakan timbangan. Kehati-hatian pada penggunaan timbangan menjadi aturan utama pada praktik kami pekan ini. Ketelitian adalah karakter utama yang menjadi nafas kegiatan. Aku jelaskan pula bahwa mencurangi timbangan adalah sebuah kesalahan besar.

Penggunaan timbangan adalah keahlian hidup.

#Learning for Life

Komentar