Mengamati ciri-ciri hewan pada pembelajaran tematik kelas 2 semester 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan di kelas 2 Umar bin Khattab Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda.

Belajar di Luar Kelas : Mengunjungi Kandang Sapi

Hari ini kuajak siswaku mengunjungi kandang sapi dan melihat sendiri bagaimana hewan berkaki empat itu hidup di kandangnya. Letak kandang sapi yang tidak jauh dari lingkungan sekolah adalah salah satu aset pembelajaran sendiri untuk siswaku disekolah ini. Didampingi dua petugas pemelihara dan perawat sapi, siswaku mempraktikkan wawancara sederhana menggunakan kata tanya apa, kapan, dimana, mengapa, siapa, bagaimana sampai berapa harga. Temanya tentang sapi. Cara merawat sapi dan bagaimana hewan itu tumbuh.
Lembar mewarnai sapi kujadikan panduan bagi mereka membuat mind mapping sederhana tentang apa yang bisa mereka gali dari sebuah topik. Meletakkan pembiasaan berpikir logis analitis dengan menggunakan kata tanya yang tepat adalah bagian dari kompetensi dasar bahasa Indonesia di kelas 2.
Hadir langsung di kandang sapi, adalah pengalaman pribadi siswa untuk menyajikan paparan nyata tentang hewan dan cara merawatnya. Kuperhatikan siswaku tak lagi malu dan kikuk bertanya pada Pak Nur tentang berbagai pertanyaan seputar sapi. Sebuah hal yang baru bagiku yang sebenarnya sudah sering wira wiri kandang sapi adalah nama sapi yang ada di kandang milik Yayasan Bunga Bangsa ini. Mas Bro, Noni dan Slamet adalah beberapa nama yang disebutkan perawatnya.
Siswaku terlihat antusias dan merasa puas bisa menemukan jawaban langsung dari pemelihara sapi dan berhasil menjawab pertanyaan sederhana yang mereka buat sendiri. "Pak, kapan sapi mandi?" polos pertanyaan mereka. "Miss, kenapa ada telur mata sapi, kan sapi beranak?" pertanyaan lain yang tentu saja mengundang tawa.
Beberapa anak berkesempatan memberi makan dan menyentuh kepala sapi dengan panduan Pak Nur. Memang, siswaku rata-rata punya energi yang sangat banyak untuk merayakan petualangan dan belajar langsung di alam. Siswa laki-laki dan perempuan beramai-ramai hendak merasakan sensasi menyentuh kepala sapi hidup. Dan melihat para sapi mendekati daun jati yang dijadikan umpan oleh Pak Nur agar mereka mendekat.
Segera setelah selesai melakukan pengamatan, kami duduk bersama di perpustakaan dan mendiskusikan temuan-temuan per kelompok. Jenis sapi yang dirawat, bahkan harga sapi yang mereka temukan dari hasil tanya jawab dengan perawat sapi.
Berkeringat memang kami semua tengah hari ini, karena cuaca sangat cerah dengan udara yang juga menyengat. Tapi belajar sambil melihat langsung dengan mengunjungi kandang sapi hari ini, akan jadi bahan cerita yang menyenangkan untuk mereka, keluarga mereka dan bahan diskusi kami di kelas.
Belajar mencintai lingkungan adalah bahan utama belajar mencintai keagungan Tuhan.
#Learning for Life
Ms. Dyan Widya Agustina
Wali Kelas 2 Umar bin Khattab
SD Islam Bunga Bangsa Samarinda

Komentar